Selasa, 26 Juni 2012

Sekilas Huta Holbung



Huta Holbung, Desa letaknya di daerah tropis yang dikelilingi perbukitan. Desa yang sudah ada sekitar 200 tahun lalu ini mempunyai penduduk sekitar 500 jiwa atau 200 lebih kepala keluarga. Desa ini sudah pernah dilanda banjir tahun 1995-an lalu, yang mengakibatkan kampung ini porak poranda dan menewaskan banyak jiwa.


Potensi alam di desa ini tak banyak. Umumnya masyarakat di desa ini bermata pencaharian sebagai petani sawah, karet dan kebun. Cuaca di kampung ini tergolong normal. Suasana desa ini masih alami dan asri.

Perbukitan dan hamparan luas sawah menghiasi desa idaman masyarakat kampungnya ini. Penduduk disini beragama Islam. Dan bermarga, ada Nasution, Harahap, Lubis dan marga-marga lainnya. Desa ini biasa disebut Holbung (lembah).

Sebutan itu konon katanya berawal dari warga yang dulunya tinggal di perbukitan. Dan ketika mereka mau pergi ke holbung (lembah) mereka sering sebut holbung. Dan ketika mereka pindah dari bukit ke holbung. Maka perkampungan ini mereka sebut Huta Holbung, yang arti Huta adalah Desa, Kampung, Negeri, Nagari. Maka arti Huta Holbung dalam Bahasa Indonesia adalah Kampung Lembah.

Kampung Lembah bukan berarti Kampungnya itu memang betul-betul letaknya dilembah, atau lebih rendah dari kampung lain. Akan tetapi holbung (lembah)nya dibandingkan dari bukit yang jadi tempat tinggal nenek moyangnya dulu.

Huta Holbung berkecamatan Batang Angkola, Kabupatennya Tapanuli Selatan. Dari Kota Padang Sidempuan bisa menempun sekitar 20 menit atau sekitar 15 Km. Holbung berada di Km 12 Jalan Mandailing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar